Theloebizz’s alluring soul

February 23, 2008

tEmpaT itU..

Filed under: ~cRiticz~ — theloebizz @ 8:13 am

menuju perjalanan Tangerang-Cilegon, gw sempetin laporan dulu pada Yang Diatas di sebuah Mall Tangerang yg gencar mempromosikan wahana saljunya…dan ternyata tempat konsultasi antara manusia dan Penciptanya ituh benar2 menyedihkan…. šŸ˜¦

don’t judge a book by its cover…ternyata berlaku untuk urusan tempat peribadatan…sedih de liat betapa megahnya suatu bangunan didirikan *apalagi yg bertujuan komersial alias memeras konsumen ke titik terakhir uuppsss*…sayangnya itu semua tdk ditunjang dgn fasilitas yg memadai…

ambil contoh kemarin ini aja…. mushola yg semestinya diletakkan di tempat yg baik/nyaman malah dilokasikan ke atap gedung dimana akses menujunya harus melewati bekas runtuhan atap seng sbg pengganti tangga..belum lg dari kejauhan tdk terlihat adanya tanda2 tempat ibadah karena lokasinya kurang layak disebut demikian seperti gambar berikut:

tampak depan akses menuju mushola dari tampak depannya niiih..kayak masuk ke terowongan antah berantah ye??

bagian dalamnya naaaah ini dia bagian dalam mushola dgn semerbak bau apeknya…padahal kebersihan itu sebagian dari iman looh šŸ˜‰ tp yg itu beneran manusia looh bukan pocong hehehe…

fakta ini ga cuma ada di Tangerang kok..beberapa mall di Jakarta, Depok juga tidak peduli terhadap keberadaan tempat yg penting ini…ironisnya para karyawan yg bekerja rata2 muslim…seandainya saja tempatnya nyaman, bersih, rapi, harum…seandainya…*tampang menghayal*

aaah…manusia….kalian ini hanya mengejar kenikmatan duniawi saja rupanya..segitu sombongnyakah untuk sekedar memberikan tempat yg layak sbg sarana peraduanmu padaNya???pantas saja saudara2mu semakin malas mendekatkan diri padaNya…karena kau manjakan mereka dgn segala iming2 (diskon, voucher, doorprize) yg membuat mereka tergiur…tp begitu adzan tiba kau tulikan telinga kalian dgn suara musik yg mendayu2 itu…

aaaah apa kata duniaa???…. šŸ˜¦

Advertisements

19 Comments »

  1. Benar sekali…
    Untuk bangunan megah dan pencakar langit, manusia rela mengeluarkan dana bermilyar2 dan memberantas penghijauan, tapi untuk sekedar tempat beribadah sangatlah berat…
    Semoga Allah memberikan kesadaran kepada hambaNya yang lalai…

    fini : amiiiin…..semoga terkabulkan doanya… šŸ˜‰

    Comment by indra1082 — February 23, 2008 @ 8:29 am

  2. apek?

    wakakakakaka


    fini : iyaaah sedih dee.. šŸ˜¦

    Comment by dodot — February 23, 2008 @ 9:23 am

  3. sekarang mereka sedang meributkan persoalan areal parkir dan standar keamanannya..
    kapan issue semacam ini diangkat ??
    kapan…??
    kapan…??
    kapan..??

    fini : kapan-kapan kali yeeee… šŸ˜¦

    Comment by tehaha — February 23, 2008 @ 9:58 am

  4. coba pemakainya lebih peduli ya??

    fini : hhmm..pemakainya???yah..mungkin hrs ada kolaborasi yg baik antara pemakai dan penyedia sarana šŸ˜‰

    Comment by nne — February 23, 2008 @ 12:17 pm

  5. akh.. šŸ˜¦
    *miris*

    hrs-a pengelola bangunan megah itu mikirin ttg fasilitas ibadah (shalat)..
    setdk-a bersih, harum, rapi dan nyaman deh, gak mesti luas bgt..
    ^_^


    fini : betuuuul bangeettsss kira2 kapan yah mereka menyadarinya?? šŸ˜‰

    Comment by dEEt — February 23, 2008 @ 12:55 pm

  6. Yah, emang menyebalkan sih kondisi Muslim sekarang. Mesjid besar, kosong…Mesjid yang agak rame, tapi kurang memadai…:(

    fini : naaaah estafet berikutnya ada di tangan kita niiih…nanti klo jd orang sukses ini PR nya yaah šŸ˜‰

    Comment by Donny Reza — February 23, 2008 @ 1:40 pm

  7. tulisan ini menjadi salah satu saksi nyata dari sekian tulisan yang bertebaran diblog bahkan dari sekian saksi yang sudah melihat tapi hanya diam…
    nice post mba
    šŸ™‚
    uhmm n salam kenal yah
    :mrgreen:

    fini : berharapnya siiih pengelola gedung ada yg terketuk hatinya..eeeh tp mereka pada melek teknologi macem blog ga yah huehehehe :mrgreen: lam kenal jg yah šŸ˜‰

    Comment by almascatie — February 23, 2008 @ 2:11 pm

  8. iya tuh bener banget.. yg enak itu di PIM2 kalo gak di Pelangi, mushollanya bersih dan ber AC

    fini : yep..klo rekomendasi kedua tempat itu emang enak…PS jg lumayanlaaah hehehe šŸ˜‰

    Comment by ridu — February 23, 2008 @ 6:04 pm

  9. jaman… jaman….
    buat berdoa kepada tuhan aja dibikin susah. bayangin deh, masa mushola ditempatin di atas gedung yang berisi bekas runtuhan atap. tega banget. itu kan sama aja nggak menghormati tuhan.

    cuma pendapat.

    fini : iyaaaah….knp sih tidak terketuk hati mereka…. šŸ˜¦

    Comment by pink — February 23, 2008 @ 6:56 pm

  10. hahahaha… manusia itu aneh, lucu,dan memprihatinkan.. kenapa untuk kantor sekaliber camat saja, lebih nyaman dari sebuah mushola disudut mall mewah ??? wajar saja bila suatu saat Tuhan “cemburu”.. tapi kita kadang berujar .. Ya Tuhan kenapa Kau bericobaan ini atau azab apalagi ini Tuhan ?? anehhh.. sungguh aneh….

    fini : bener bgt..intinya ada aksi membuat reaksi ya kan??…sadarlah manusiaaaa…. šŸ˜‰

    Comment by akuadanama — February 23, 2008 @ 11:06 pm

  11. yah mo gimana lagi…. salah sendiri mall2 kita umumnya punya orang yg gak peduli ama yang diatas… makanya, doain gw jadi konglomerat. ntar gw bikin mall mewah, dengan mesjid kecil tapi indah dan layak di tengahnya… ngehayal.. hahaha

    fini : amiiiiin de…asalkan itu nantinya buat kemashlatan ummat mah didukung euy… hihihi šŸ˜€

    Comment by ichanx — February 24, 2008 @ 1:11 am

  12. wuaah… saya pernah neh ke musholla yang ampuuuuuuuunnnnnnnnn dahh kondisinya.. di premier cihampelas yang sekarang udah diganti jadi Giant… itu mushola nya udahlah tidak mencukupi dari segi kapasitas, dari segi kebersihan, dari segi fasilitas, bahkan kamar mandi nya punnnn… wuaaahhhhhhhhh ammpuuuuuuuuuuuuuuunnnnnnnnnnnnnnn

    hehehhe..
    *bukannya ngasi komen, malah jadi ikutan cerita gini…* ckckckck.. šŸ˜€

    fini : disini semua bebas sharing kok…sayangnya hampir disemua tempat kondisinya demikian yah šŸ˜¦

    Comment by rickisaputra — February 25, 2008 @ 8:53 am

  13. paling susah klo nyari musholla di mall2.
    nemu tanpa nanya aja dah alhamdulillah.
    šŸ˜¦

    fini : BINGO! u got it right! šŸ™‚

    Comment by irrrr — February 25, 2008 @ 11:03 am

  14. Yang punya ngak pernah shalat, makannya tampat shalat tidak terlalu penting.


    fini : *pahit sih* tp emang bener… šŸ˜¦

    Comment by Zan — February 26, 2008 @ 12:27 am

  15. pernah sholat di mushola di salah satu mall di bandung, udah mah di basement pengap bgt.
    tp ada satu mall yg patut diacungi jempol, walau musholanya kecil, tp setiap tiba waktu sholat, selalu ada pemberitahuan bahwa sudah masuk waktu sholat

    fini : waaaah dapet info baru lg niiih…thx yo! šŸ˜‰

    Comment by chatoer — February 26, 2008 @ 2:54 pm

  16. herrmannn juga saya,.. setiap ngemol atau pas lagi di kantor2 megah berlantai banyak pasti persoalannya sama: Mushala memprihatinkan lah, gak ada di setiap lantai lah, sempit lah, bau lah, gerah lah, di basement lah, jorok lah dll,..
    *pengen bikin mol sendiri

    fini : eeeeh ikutaan dunk..biar bisa jd pengusaha *ngimpi*

    Comment by alle — February 26, 2008 @ 7:33 pm

  17. hmmm …
    jika cukup wudhunya, bersih niat di hati untuk ‘berkomunikasi’, rasanya semua tetep indah dan menyenangkan.
    berlimpah tjinta gitu …
    jadi inget salah satu mushola yang terakhir aku kunjungi, plaza senayan.
    bersih dan apik, terawat dan terjaga, plus loker yang dijaga dengan baik.
    tapi, meski begitu, para ‘pengunjung’nya kok masih juga abai dengan ‘batas suci’ dan cenderung berasumsi ‘cuman numpang’, sehingga tidak mawas diri untuk ikutan menjaga keadaan ‘baik’ yang juga sudah diusahakan benar oleh pengelolanya.
    jadi? apakah benar hanya pengelola yang harus diberi opini untuk selalu menyediakan mushola ‘baik dan benar’?
    let’s see, masih perlu judging the cover, ignoring the reader?

    fini : hhmm..yep..can’t blame only the owner but also the user, am i rite??*aaahhh kapan kebersihan pangkal iman itu bener2 diaplikasikan yah??*

    Comment by dix — February 26, 2008 @ 9:21 pm

  18. ho’oh.. sebel bgt klo pas mu sholat di mall tempat sholatnya ga keurus..

    fini : seandainya…semua tempat sholatnya enak yaaah šŸ˜‰

    Comment by iyank — February 27, 2008 @ 12:51 pm

  19. kepeduliyan tuk mbangun musholla yang representatibh emang masih kurang di kebanyakan mol dan pusat perbelanjaan. mungkin perlu dilakukan rating mol berdasarkan kondisi musholla-nya šŸ™‚

    fini : hhmm..oke jg tuh idenya…cuma…siap2 aja yah buat yg merasa kurang peduli pd hal2 tersebut hehehehe šŸ˜‰

    Comment by titov — February 28, 2008 @ 8:18 am


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: